Tentang Nina Vaca-Humrichouse, Pendiri dan CEO Pinnacle Technical Resources Inc.

 


    "Menjadi wirausahawan sudah ada dalam darah saya," kata Nina Vaca-Humrichouse, pendiri, ketua, dan CEO dari Pinnacle Technical Resources, Inc. Memang benar, kakeknya adalah seorang wirausahawan yang sangat sukses di Quito, ibukota Ekuador. Orangtuanya berimigrasi ke Amerika Serikat pada pertengahan tahun 1960-an. Pada saat Vaca dilahirkan di tahun 1971, ayahnya memiliki dan mengoperasikan tiga agen perjalanan dan ibunya memiliki toko retail di daerah Los Angeles. 

    Ketika Vaca berusia 17 tahun, ayahnya terbunuh secara tragis dalam perampokan di tempat bisnisnya, meninggalkan istrinya dan kelima anaknya. Bersama dengan ibunya, Nina dan saudara perempuannya mengambil alih operasi dari bisnis perjalanan tersebut. Pada saat itulah, ia mempelajari banyak tantangan dengan menjadi wirausahawan. Keluarganya belakangan menjual bisnis tersebut untuk menyekolahkan Nina di perguruan tinggi. 

    Vaca lulus dari jurusan komunikasi dan bisnis Texas State University. Pada saat kelulusan,  ia meminta pekerjaan di sebuah perusahaan perekrutan teknologi informasi yang berbasis di New York. Ia mendapatkan pengalaman dan keterampilan berharga yang akan berguna dalam kariernya setelah itu. 

    Pada tahun 1996, ketika Vaca berusia 25 tahun, ia siap untuk memulai perusahaannya sendiri. Ia berkata "Saya masih lajang dan membeli komputer, duduk, dan bekerja." Membutuhkan waktu dua setengah bulan sebelum ia mendapatkan kliennya yang pertama. Pinnacle pada awalnya berfokus pada integrasi sistem, tetapi belakangan mengembangkan aplikasi sesuai permintaan, pergudangan data, dan solusi pengontrakan keluar proses bisnis menggunakan IT. Ia membuat dirinya dikelilingi orang-orang bisnis dan teknis yang berbakat. Hal paling penting, saudara perempuannya, Jessica, dua saudara laki-lakinya, Freddy dan Chris, dan suaminya Jim, semua bergabung dengan perusahaannya tersebut pada beragam tingkatan, dan menciptakan inti manajemen dan bakat yang ia harapkan akan mendorong keberhasilan Pinnacle untuk dekade-dekade mendatang. 

    Vaca juga mencari pelaku bisnis berpengalaman sebagai mentor untuk membantunya membentuk dan membimbing perusahaannya. Para ekskutif ini memberikan nasihat penting mengenai strategi dan operasi perusahaan melalui periode pertumbuhan dan ekspansi yang sangat cepat. Akan tetapi, ia masing menganggap orantuanya sebagai mentornya yang paling penting. Ia mempelajari ketekunan dan nilai kerja keras dari mereka- dan pentingnya untuk mendapatkan orang-orang yang bagus untuk melakukan pekerjaan yang baik. 

    Vaca juga percaya bahwa keberhasilan perusahaannya adalah berkat praktik kuno bootstrapping yang baik. Bootstrapping merujuk pada praktik menumbuhkan sebuah perusahaan kecil tanpa bantuan pinjaman dari bank atau bentuk uang lainnya. Sebagai wirausahawan muda, Vaca menjumpai banyak rintangan untuk mendanai pertumbuhannya. Beberapa bank enggan berinvestasi dalam perusahaan tanpa pertumbuhan dan laba selama tiga tahun; yang lainnya ingin melihat basis klien yang lebih luas. Akan tetapi, setelah beberapa tahun melaksanakan komitmen untuk menginvestasikan kembali dananya sendiri ke perusahaan, alih-alih mengambilnya keluar secara tahunan seperti yang banyak dilakukan orang lain, bank-bank akhirnya terbujuk. Tujuh tahun dan tiga bank kemudian, kinerja Pinnacle meningkat.

    Pinnacle sekarang memiliki pendapatan $42 juta dan berada di atas jalur untuk mencetak rekor tahunan baru. Para pelanggannya yang meliputi perusahaan Fortune 500, seperti AT&T, EDS, dan Citigroup. Perusahaan tersebut telah tumbuh dari hanya mempunyai 25 karyawan menjadi lebih dari 600 pada tahun 2006, dan diperkirakan akan terus menambah orang dengan cepat. Perusahaan yang berpusat di Dallas sekarang melayani klien di 32 negara bagian dan mempunyai kantor di Washington, D.C., New York, Los Angeles, Houston, dan Orlando. 

    Vaca mendapatkan banyak penghargaan termasuk terpilih menjadi National Hispanic Businesswoman of The Year (2003 dan 2004) oleh U.S. Hispanic Chamber of Commerce, Marshall Memorial Fellow (2003), salah satu dari 25 teratas dalam Woman Business Builders oleh majalah Fast Company, Entrepreneur of the Year (2004 & 2005) oleh Hispanic Business Magazine, Entrepreneur of the Year (2005) oleh Ernst & Young. 


--

Sumber: Pengantar Bisnis Understanding Business Edisi 8 Buku 1 oleh Nickels, McHugh, dan McHugh.     

Comments