Risiko Pasar Perbankan


     Risiko pasar adalah risiko pada posisi neraca dan rekening administratif termasuk transaksi derivatif, akibat perubahan secara keseluruhan dari kondisi pasar, termasuk risiko perubahan harga option. 

    Jenis risiko pasar dibagi menjadi 4 kategori atau disebut sebagai risiko pasar umum (general market risk), yaitu:

    1. Risiko Suku Bungan (interest rate risk) adalah potensi kerugian akibat pergerakan suku bungan di pasar yang berlawanan dengan posisi, atau transaksi bank yang mengandung risiko suku bunga.

    2. Risiko Nilai Tukar (foreign exchange risk) adalah potensi kerugian akibat fluktuasi nilai tukar. Risiko nilai tukar biasanya timbul akibat bank memiliki posisi terbuka valuta asing, dan terjadi perubahan nilai tukar yang menyebabkan nilai yang dinyatakan dalam valuta domestik menjadi turun.

   Untuk bank yang melakukan konsolidasi risiko dengan anak perusahaan yang bergerak di bidang sekuritas, jenis risiko ditambah dengan:

    3. Risiko Harga Ekuitas atau Saham (equity risk) adalah potensi kerugian akibat fluktuasi harga saham di pasar. Risiko ekuitas dapat terjadi karena adanya perubahan harga saham atas portofolio saham yang dimiliki bank (misalnya anak perusahaan bank yang bergerak di bidang sekuritas).

    4. Risiko Harga Komiditas adalah potensi kerugian akibat fluktuasi harga komoditas.

Comments