3 Hal Mendasar yang Memengaruhi Sebuah Hubungan Profesional

 


Dalam dunia profesional atau dunia kerja, salah satu fondasi utama yang dibutuhkan adalah bagaimana cara kita membina sebuah hubungan. Hubungan yang dimaksud di sini bisa hubungan dengan atasan, bawahan, rekan kerja, calon klien potensial, bahkan pihak di luar bisnis yang bahkan interaksi juga kurang terlalu terjalin. 

Buku Emily Post's The Etiquette Advantage in Business, dijelaskan bahwa ada tiga hal mendasar yang memengaruhi sebuah hubungan, yakni actions, appearance, dan words. 

1. ACTIONS atau Tindakan. 

Bagaimana tindakan atau tindak tanduk kita dalam berhubungan dengan setiap orang di lingkup bisnis atau profesional sangat memengaruhi bagaimana kesan yang tercipta akan diri kita. Apakah kita memiliki etika, sopan santun, dan bahkan ketegasan dapat tampak melalui tindakan kita. Contohnya, apabila sedang rapat atau bertemu dengan klien, lalu di tengah perbincangan ponsel Anda berbunyi, Anda mengangkatnya dan berbincang melalui ponsel. Hal tersebut menciptakan suasana yang kurang baik dalam pertemuan. Sebaiknya matikan ponsel dan jangan letakkan ponsel di meja ketika sedang bertemu dengan seseorang karena menunjukkan perilaku yang kurang beretika dan tidak profesional. Atau jika memang Anda menunggu telepon penting, sampaikan ke rekan rapat dan izin ketika ponsel berbunyi, lalu beranjaklah menjauh dan berbincang melalui ponsel dengan tenang. 

2. APPEARANCE atau Penampilan

Penah mendengar slogan iklan "kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda!" Nah untuk hal ini, slogan tersebut bisa kita terapkan baik-baik. Menggoda di sini bisa kita artikan sebagai kesan pertama harus terpatri baik di ingatan. Jika terkait hubungan profesional seperti yang sedang dibahas, maka kesan menggoda ini adalah kesan tertarik. Apakah klien tertarik saat pertemuan pertama sehingga berkenan untuk lanjut berbisnis dengan kita? dan seterusnya. 

Di sini cara berpakaian dan merawat diri yang baik menjadi kunci utama. Pentingnya penampilan ini untuk memberi kesan apakah kita bisa dipercaya? bisa dipercaya adalah salah satu sifat penting yang harus ada di antara semua hubungan termasuk hubungan profesional. Bau badan dan bau mulut juga merupakan hal yang harus diperhatikan. Beberapa pakar mengaitkan juga bagaimana bahasa tubuh kita juga turut memengaruhi pentingnya hubungan dalam dunia profesional. Apakah kita kikuk, tidak percaya diri, canggung, atau nyaman saat berkomunikasi. Kedutan kaki Anda selama pertemuan menunjukkan bahwa Anda gugup khawatir, atau bahkan tidak sabar menunggu pertemuan berakhir. Hal itu sebaiknya dihindari dan berlatihlah bersikap tenang. 

3. WORDS atau Ucapan

Pemilihan kata-kata dalam berkomunikasi juga sangat penting dalam menjalin sebuah hubungan profesional. Kuasai banyak perbendaharaan kata agar lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain dan hindari menggunakan kata-kata ambigu atau bahkan kata-kata kasar. Dengan memperbanyak membaca buku atau mendengar informasi pengetahuan umum dapat sangat membantu kelancaran berbicara atau berkomunikasi. Kurangi mengatakan hal-hal negatif, berbau SARA, terlalu personal, dan bergosip saat berada di lingkungan pekerjaan atau profesional. 


Demikian tiga hal mendasar yang sebaiknya kita kuasai ketika berhubungan dengan dunia profesional. Semoga bermanfaat. 

Comments