Maksimal 5 Rekening Bank untuk Pengelolaan Keuangan Pribadi

 



Ketika mengelola keuangan pribadi, banyak sekali sumber yang bisa dijadikan acuan. Pengaturan tersebut selalu melibatkan pengaturan anggaran keuangan pribadi, namun seringnya pengaturan keuangan berhenti di penerapan anggaran keuangan. Hal tersebut tetap baik, namun akan lebih baik jika penerapan anggaran tersebut dimaksimalkan dengan pengetahuan kita tentang mengatur rekening bank. Mengatur rekening bank ini penting agar uang bisa masuk sesuai anggaran dan tidak mengurangi risiko kegagalan anggaran. 

Jika masih dalam tahap awal pengelolaan keuangan yang mana hanya fokus di mengelola uang untuk keperluan sehari-hari dan tabungan, mungin 2 rekening bank saja sudah cukup. Namun jika kebutuhan pengelolaan keuangan sudah memasuki tahapan lebih lanjut, maka diperlukan sedikit usaha untuk mengelola rekening bank dengan tambahan jumlah rekening. Rekening yang dibutuhkan adalah 2 checking account dan 3 saving account.

1. Rekening untuk TAGIHAN

Rekening ini digunakan untuk memenuhi pengeluaran wajib yang harus dibayar atau hal tersebut akan dengan cepat mempengaruhi kehidupan dan menambah utang Anda. Membayar tagihan-tagihan ini merupakan prioritas utama agar tidak terlilit utang atau hidup dari gaji ke gaji. Tagihan yang dimaksud antara lain; tagihan tempat tinggal, listrik, air, gas, utrang, cicilan kendaraan, internet, pulsa handphone, asuransi, dll. 

2. Rekening untuk GAYA HIDUP

Pengeluaran ini sekalipun dianggap sepele namun penting untuk dianggarkan khusus. Tanpa anggaran khusus, kemungkinan terbesarnya adalah kita akan menghamburkan uang di pos pengeluaran ini tanpa sadar dan berpotensi menyeret keuangan ke arah utang. Pengeluaran ini meliputi pengeluaran untuk perawatan kecatikan seperti ke salon, hiburan nonton bioskop atau keanggotaan Netflix, kencan malam, makan malam bersama sahabat, dan pengeluaran lain yang sifatnya hiburan. Memiliki anggaran khusus di rekening tersendiri akan membantu Anda untuk tidak mengeluarkan uang secara berlebihan dalam kategori yang sudah dianggarkan atau membuat Anda berutang. Untuk awal, anggaran ini bisa dimulai di perkiraaan 500.000 rupiah hingga 1.000.000 rupiah. 

3. Rekening tabungan untuk DANA DARURAT

Memiliki dana darurat dapat menjadikan kita jauh lebih siap menghadapi hal-hal tidak terduga di masa depan. Ini adalah salah satu rekening tabungan terpenting jika menginginkan keamanan finansial. Jenis rekening ini harus berada di rekening tabungan terpisah dan jumlahnya harus setara dengan 3-6 bulan tagihan Anda. Dana darurat Anda akan menjadi jaring pengaman keuangan pribadi Anda untuk setiap kehilangan pendapatan yang tak terduga terkait dengan kehilangan pekerjaan, rawat inap di rumah sakit, perbaikan rumah yang tak terduga, atau masalah mobil. 

4. Rekening tabungan untuk TUJUAN JANGKA PANJANG

Sebagian besar tujuan jangka panjang ini memiliki harga yang cukup mahal, karena mereka adalah tujuan yang membutuhkan waktu lebih dari 12 bulan untuk mencapainya. Terlepas dari jangka waktunya, tujuan-tujuan ini harus disimpan di rekening tabungan terpisah di mana Anda bisa melihat perkembangannya dengan jelas. Hal ini akan memotivasi Anda untuk terus menabung demi tujuan jangka panjang Anda dan tidak secara tidak sengaja mengambil tabungan untuk memenuhi keinginan yang bersifat spontan. Perlu diingat juga bahwa penting untuk memberi jangka waktu (deadline) yang layak untuk mencapai tujuan Anda tanpa menambah tekanan keuangan yang tidak realistis pada keadaan saat ini. 

5. Rekening tabungan untuk TUJUAN JANGKA PENDEK

Tujuan ini bersifat segera karena untuk memenuhi keinginan ini dalam 12 bulan ke depan. Tujuan jangka pendek dapat berupa liburan semesteran atau lebaran, mengganti laptop, dll. Ini bahkan bisa menjadi seperti dana darurat, di mana Anda menabung untuk pengeluaran yang akan datang yang  diperlukan seperti perawatan mobil atau pesta ulang tahun. Daripada membebankan biaya-biaya ini ke kartu kredit dan membayarnya setelah kita menikmati pengalaman tersebut, sebaiknya mulai anggarkan dari sekarang saja. Setelah melihat berapa banyak yang telah Anda tabung, Anda akan terhindar dari berhutang dan dapat menabung untuk tujuan menyenangkan lainnya. Satu langkah untuk bersenang-senang tanpa berutang. 

Comments